Selasa, 25 Maret 2014

Menjadi Manajer Band

Banyak musisi yang menuai kegagalan kemudian memutuskan untuk beralih profesi, kebanyakan dari mereka biasanya melanjutkan pendidikan atau membuka bisnis. sayang beberapa dari mereka melupakan salah satu profesi yang masih berkaitan erat dengan dunia musisi, yakni menjadi manajer band.

Menjadi manajer yang bertugas mengatur segala hal tentang musisi memang tidak mudah. dibutuhkan keahlian manajemen khusus serta pengetahuan bermusik yang cukup tinggi. tapi ini bukan berarti tidak ada musisi yang tidak bisa mempelajari profesi ini. dengan bekal keahilan bermusik dan jejaring luas. seharusnya para musisi bisa lebih berani untuk beralih menjadi manajer.

Di Indonesia tidak banyak musisi yang menuai kegagalan, belum bisa menciptakan lagu yang bagus kemudian memilih menjadi manajer. kebanyakan justru para musisi handallah yang kemudian beralih profesi menjadi manajer. karena dianggap lebih menguntungkan dalam hal finansial. Untuk bersaing dengan mereka para musisi yang memiliki modal, anda harus lebih peka dalam menilai situasi.

bila anda merasa gagal dalam bermusik dan ingin menjadi manajer. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah networking. Jangan sekali kali berani mengajukan diri sebagai manajer jika anda tidak memiliki banyak teman. karena anda membutuhkan banyak orang untuk melakukan promosi, ketika anda sudah menangani sebuah band.

kedua meskipun anda gagal menjadi musisi, namun tetap pertahankan berbagai teknik yang anda miliki. Misalkan anda seorang gitaris, tetaplah mempertahankan karakter bermain anda. karena bisa jadi karakter tersebut bisa menjadi masukan bagi band yang anda pegang. Beli gitar, mulailah berlatih dan jadilah manajer yang bertalenta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar